Senin, 03 Agustus 2009

Membuat Maket (Pohon dan Rumput)

Selain kita mempresentasikan hasil rancanangan kita melalui gambar alangkah lebih baiknya dilengkapi dengan sebuah bentuk 3d apakah itu berupa bentuk 3D komputer atau pun sebuah maket. ada beberapa asesoris maket yang sangat penting contohnya model orang, pohon, mobil, tiang listrik,dll. selain berfungsi sebagai pelengkap/ mempercantik tampilan maket kita, asesoris tersebut dapat menjadi tolak ukur perbandingan ukuran antara hasil maket dah kenyataan sebenarnya. Di post saya ini, saya akan membagi pengalaman saya bagaimana cara membuat pohon-pohonan dan rumput-rumputan dengan cara yang mudah dan cepat.

Saya mempelajari dasar2nya dari mata kuliah tekomars, kemudian saya sering mengembangkannya hingga mendapatkan cara yang mudah dan cepat. ini hasil maket pertama saya.Bagian rumputnya terlihat seperti terkelupas, itu dikarenakan dibuat secara terburu-buru.

Cara mudah membuat rumput:
  • Siapkan bahan2 seperti serbuk gergaji (bahan utama), lem fox, pilox warna rumput. siapkan pula alat-alatnya seperti kertas hvs/kertas gambar dan gelas tanpa kuping.
  • Siapkan kertas dengan ukuran yang diinginkan untuk dijadikan rumput
  • beri lem fox secara merata di atas kertas tersebut
  • Taburkan serbuk gergaji yang sudah diayak ambil yang halus, taburkan agak banyak tidak apa-apa
  • Biarkan sebentar skitar 3 menit, lalu gilas-gilas dengan gelas, lalu biarkan sejenak sekitar 10-15 mnt agar lem menempel dengan baik,bila belum kering akan seperti maket saya yang diatas
  • Lalu semprotkan pilox dengan jarak agak jauh. lalu keringkan.

Gambar diatas adalah semak-semak hasil percobaan saya.
Bila saya menggunakan serbuk gergaji yang halus sebagai rumput, sedangkan untuk serbuk gergaji yang kasar sayapergunakan untuk semak-semak ini. caranya pun mudah, tinggal ambil segumpal kecil lem fox dan bungkus dengan mempergunakan serbuk gergaji yang kasarnya. Diamkan sebentar, semprot dengan pilox hijau, lalu beri cat warna merah dimisalkan sebagai bunga-bunga.


Pohon semacam ini cukup mudah untuk dibuat, siapkan kabel serabut (panjang sesuai skala tinggi pohon), pilin kabel hingga setengah panjang kabel, sisa kabel yg tidak di pilin dikembangkan seperti ranting2 pohon, kemudian ambil sabut-sabut hijau dr spon cuci piring, cabut terus sembari di letakan di ranting kabel hingga penuh menyerupai pohon. Dan sebagai catetan tidak perlu menggunakan lem pada cara membuat pohon seperti ini.



Untuk pohon seperti ini waktu pengerjaan agak sedikit lebih lama. Bila sebelumnya saya menggunakan spon cuci piring pada bagian hijau nya, kali ini menggunakan bagian kuning nya, parut spon kuning menggunakan parutan kelapa dan letakan pada suatu wadah semacam piring.
Potong kabel sesuai panjang skala pohon yang diinginkan (sama seperti cara diatas), lumuri lem adhesive ex.uhu dll di bagian-bagian ranting pohon, guling-gulingkan kabel yang sudah dilumuri lem dengan hasil parutan spons kuning, lalu diamkan.
Setelah beberapa menit,,semprot dengan pilox clear(warna bening) agar semua bagian spon bisa menempel, sekitar 3 mnt semprot dengan pilox hijau secara merata.
Demikian beberapa tips cara saya membuat pohon dalam keadaan terdesak.

Sep-

11 komentar:

  1. wah makaish banyak gan.. eh kalo untuk rumput jepang nya gimana gan cara bikinnya tq

    BalasHapus
  2. Hai salam kenal:) terima kasih infonya, sagat membantu sekali. dari kemarin saya bingung mau buat pohon miniatur maket, ternyata mudah ya.

    BalasHapus
  3. kalau miniatur pohon cemara sama palem buat gmn ya

    BalasHapus
  4. Makasih infonya sangat berguna...kunjungi dan like juga yah di Miniatur Air Terjun

    BalasHapus
  5. tips yang diberikan, berhasil! terimakasih ya :-)

    BalasHapus